Minggu, 13 Desember 2015

Kisah Sedih Si Ucup Anak Betawi






Di pagi buta ketika ayam jantan baru saja berkokok sekali, dari dalam rumah semi permanen dengan tembok separuh, terdengar suara wanita dengan nada santar berteriak.

"Cupp!... bangun nyang solat subuh udah mau pulang tuh. Bangun Cup! solat subuh. Loe mah gak kaya babeh loe." kata emaknya Ucup. "Babeh loe tuh, sebelom orang pada bangun, dia udah bangun duluan tuk bangunin orang solat subuh!. Babeh loe tuh Cup tukang azan di mesjid."


Ucup dengan malasnya menjawab. "Iye nyak... nih juga dah bangun. Ucup pun bergegas bangun walau matanya masih terkantuk-kantuk, maklum Ucup suka sekali tidur larut malam. Dengan mengangguk-angguk menahan rasa kantuk yang sangat amat, Ucup berdiam sejenak untuk menahan agar ia tidak kembali tidur. Namun beberapa saat kemudian Ucup pun tak tahan, ia merebahkan kembali tubuhnya lalu terpulas kembali.

"Ucuuup..... bangun!" kata Emak teriak lantang. "Mau jadi apa si loe Cup, solat masa cuma empat waktu!" Emak berujar menasehati. Karena memang Ucup gembul dalam tidurnya. Suara emaknya begitu cempreng masih juga tidak terdengar, akhirnya Emak pun sebodo amat, lalu dibiarkan Ucup tidur kembali.

Suara si Jago saling menyambangi. Sedangkan mentari ngintip jelas terlihat. Ucup masih saja lelap dalam mimpinya. Si Emak hanya geleng-geleng kepala lihat si Ucup anak bontotnya yang pemalas. Ucup memang rajin ngajinya. Bahkan Ucup punya rasa malu yang sangat amat, sehingga saking malunya sampe malu-maluin kalo nenamu. Yah nama Juga Si Ucup anak betawi yang artinya BEtah di WIlayah.

Karena mendengar Emaknya gegonggsengan lagi masak. Ucup mendengar ditambah perutnya yang mulai kekuruyukan minta nyarap, ia pun lekas bangun. "Nyaak... pengen kopi... !" kata Ucup manja ama Emaknya. "Eh... lo Cup, bangun tidur mah cuci muka dulu, baru minta kopi!" ucap Emak sambil terus gegongsengan. "Cup... Cup, sampe kapan loe begini mulu. Sedangkan usie loe udah tue, harusnye tuh lo udeh punye dedekepan (istri), lo gak iri ape ame temen-temen lo udah pade punye pacar!" kata Emak berseru.
"Buruan ah nyak, kopi buatin dulu!" kate Ucup dengan nada keras.

Ucup adalah anak yang manja maklum ia bontot anak nyang paling akhir merojolnya. Punya kebiasaan buruk ia suka ngopi ama rokok walaupun nih Ucup belom punya pekerjaan alias pengangguran. Sesekali Emaknya di buat kesel ama die. Terkadang si Emak nangis ngadepin tingkah laku si Ucup. Ditambah kalau bahan bakar mulutnya habis. Sedangkan duit gak ada sepeser pun, sampe-sampe si Emak ngutang-ngutang di warung hanya buat ngebeliin rokok buat congorannya si Ucup.

Si Emak nyediain kopi buat Ucup plus ama dua batang rokok. "Cup... "panggil Emak. "Kalau begini mulu mah, Emak bisa TBC Cup, mikirin rokok loe mulu. Lagian loe tuh dah cukup tue, Cup! cari kerja nape.." ucap Emak penuh kesal.

"Kerja ape Nyak..?!" jawab Ucup. "Pan nyak tau, Ucup gak punya izasah." Ucup emang gak lulus sekolahnye. Iye sempet sekoleh tapi berhenti karene sakit trus biayanya juga gak ade. Ucup malu bayaran telat mulu, pan zaman dulu sekoleh masih bayar, blom gratis gak kayak sekarang ni, gratis sokoleh tampa bayaran sepeserpun.

"lah emangnye lo mau kerje ape!" kata Emak pula. "Ape mau dagang! Kalau mau dagang nanti nyak cariin modalnye."

"Malu nyak Ucup"

"Malu doang loe di gedein, mau jadi apaan sih loe Cup. Emangnya loe sampe tue begini mulu."

Ucup hanya diam. Ia sempat terpikir juga dengan perkataan Nyaknya. Benar juga sih, usie makin lama makin bertambah, masa begini-begini aja. Akhirnya Ucup menangis di dalam hati. Ia teringat akan Almarhum babehnya nyang udah lama pergi ke alam baka. Hidup sebagai yatim ditinggalin seorang ayah adalah sangat berat dirasakan oleh Ucup. Tidak ada yang menggembleng dirinya, semua dirasakan belum mendapatkan didikan dari seorang ayah, namun sang Ayah sudah meninggalkannya
Tapi masih beruntung mempunyai saudara yang banyak, jadi gak merasa kekurangan, saling berbagi dan saling memberi itulah kelebihan mempunyai banyak saudara kandung.

Tampak dah di raut muka Ucup kesedihan, akan lemah dirinya. Tidak punya daye dan upaye untuk menjalani hidup. Skil gak ada kata orang kuliahan. Melihat itu Emak hatinye jadi nelangsa melihat tampang Ucup yang kusut akibat pikirannya kalut.

"Kenape lo jadi bengong gitu Cup!" tanya Emak membuat Ucup terkejut. 

"Ah.. gak nyak lagi ngelamun Babeh aja!" ujar Ucup. 

"Lo kangen ye ama Babeh lo?" tanya Emak lagi. Ucup mengangguk.

"Kalau masih ada Babeh, mungkin kite gak begini kali ya nyak," ujar Ucup mengeluh. "Mungkin Ucup udah jadi orang kalo masih ada Babeh!" 

"Emang lo sekarang bukan orang apa?!" kata Emak menyahut. 

"Orang lah Nyak, masa kambing, emang Nyak mau ape punye anak kambing!" sahut Ucup pula sambil cengengesan.

"Dah jangan ngeluh mulu hidup jadi gak bersyukur!" sambung Emak menasehati.

"Iya nyak, buat ape ngeluh emang udah begini mau di apain!" sahut Ucup pula.
Tiba-tiba si Emak berkata begini. "Nyak kawin lagi boleh gak?" Si Ucup yang mendengar itu sontak terperanjat kaget. "Buset dah Nyak mah, udah tue bangke juga masih pengen kawin aja. Siapa yang mau ama nenek-nenek!" Ucup menyeleneh. "Uh dasar si Nyak..."

Ucup langsung ninggalin Emaknya nyang masih cengar-cengir karena perkataannya tadi, si Emak kalau nyengir sampe kelihatan gigi palsunya yang depan. Maklum emak kan pengen cinclong kalau lagi ngakak.

***

Si Ucup sore hari nih ceritanya lagi kongko di pinggir jalan tepatnya duduk di warung gitu. Sambil pencet-pencet hape jadulnya Ucup sempat melihat sepasang kekasih sedang berboncengan motor. Tuh si ceweknya sampe nungging di boncengin. Pas gitu celanenya keliatan lagi. Si Ucup bilang di dalam hati. "Bujug gile tuh orang, naek motor sambil nonggeng gitu." 

Setelah itu si Ucup berhayal. "Pengen juga sih punya motor, mungkin nih kalau Ucup punya motor, pasti cewek pada minta boncengin!?" pikir Ucup pasti dia dapat jodoh kalau punya motor. Hayalan si Ucup emang pengen punya motor, tapi apa daye gak mampu beli. Mau ngeridit juga bayar dari mane, pan Ucup pengangguran.

Cukup lama juga Ucup nongkrong di warung, walaupun cuman jajan rokok doang sebatang. Akhirnya terbesit Ucup untuk maen kerumah Pak Gudang, orang tue nyang sering di ajak ngobrol ngalor-ngidul. Nah... Pak Gudang ini punya anak yang amat manja, bahkan saking manjanya, susah disuruh sekolah. Pernah sekolah cuman sampe kelas 2 doang terus berenti tuh anak, padahal sudah di omelin, can sayangnya cumqn ngomelin doang, ngegebukin gak berani bapaknya, maklum anak bontot.

Curhatlah nih si Bapak Gudang kepada Ucup, "Cup... gue bingung ama anak gue, maunya apa ya, udah gede-gede gak mau sekolah, bingung Cup, nanti kalau udah gede gak bisa baca gimana Cup?!"

Si Ucup yang ditanya malah cengar-cengir. Akhirnya si Bapak Gudang punya ide cemerlang agar anak bontotnya bisa baca sama ngitung walaupun gak sekolah. "Cup!... gimana kalau lo ngajarin anak gue biar bisa baca ama ngitung, biarin dah gak sekolah nyang penting tuh si Ace bisa baca ama ngitung," ujar Bapak Gudang tentang anaknya yang bernama Ace.
"Nanti gue kasih dah tiap minggunya (maksudnya upah ngajarin Ace sampai bisa baca ama ngitung)."

Si Ucup mikir, sebenarnya mah dia juga cita-cita pingin jadi guru, tapi sayang dia juga sekolah cuma sampe SD, pernah ngerasain masuk Sekolah Menengah Pertama baru kelas satu udah keluar. Di pikir-pikir apa salahnya di coba ngajar, toh cuma ngajarin A,B,C doang pasti bisalah. sama berhitung juga.

Akhirnya si Ucup mau tuh, di suruh ngajarin anaknya Pak Gudang yang namanye Ace, usianya sih udah 7 tahun. Udah tamij alias sudah mengerti mana yang baik dan mana yang buruk menurut ilmu fikih.

Singkat cerita akhirnya tuh Ucup jadi guru privat dah. Walaupun tiap minggu di bayar cuman 5 ribu doang, tapi gak papa Ucup ikhlas ngajarnya. Setelah si anak tuh di bujuk agar mau sekolah lagi, akhirnya tuh si anak mau juga sekolah lagi. Ternyata setelah di ajarkan Ucup, tuh anak jadi pintar sekolahnya. Bahkan ilmu alqurannya bagus, banggalah si Ucup sebagai gurunya.

Desus-desus di dengar sama orang tua yang lain kalau si Ace anaknya Bapak Gudang pintar gara-gara di ajarin Ucup. Seiring jalannya waktu, akhirnya si Ucup punya murid banyak sekitar 7 orang dah. Dan kenyataannya emang benar, anak setelah di ajarin Ucup cepat sekali ngaji Al qurannya. Si Ucup pun bersyukur pada Allah hikmah yang dimilikinya.

***

Si Ucup mendapat title dari orang-orang julukan Ustaz walaupun si Ucup gak mau di juluki Ustaz, dan emang bukan ustaz toh ngajinya juga mungut alias nemplok sana, nemplok sini ngajinya alias ngaji denger.

Di usia yang semakin tua Ucup hatinya getar-getir akan jodohnya. Suatu ketika si Emak jatuh sakit. Kata orang-orang penyakit kuning, gak taunya pas di bawa ke dokter penyakit Emak itu namanya Anemia yang sudah akut. Si Ucup ketakutan dengan keadaan. "Bagaimana ini kalau nyak gak ada Umur." batin Ucup. " Tinggal sendirian gak ada Nyak ama siapa Ucup menggantung hidup." Ucup menguarkan air mata berderai di pipinya. Ia membayangkan seandainya Emak udah di panggil ama yang punya, bagaimana nasib Ucup selanjutnya. Tinggal ama siapa ikut ama ncang, ncing, abang, mpok malu lah pan udah gede. Di tambah gak bisa usaha pengangguran selamanya. "Duuh... gimana ini nasib."

Benar ternyata apa yang ditakuti Ucup jadi kenyataan. Si Emak gak kuat nahan rasa sakitnya, Emak meninggalkan dunia ini juga meninggalkan Ucup.

Ucup nangis tapi gak nangis gauk-gaukan. Udin paham apa yang di rasa Emak dengan nahan rasa sakitnya. Udah jalan Emak harus pulang kepangkuan ilahi, dari pada lihat Ucup yang selalu nyusahin Emak..
Kini Ucup hidup tampa Emak.

Selesai dah ceritanya.

sumber; suburtop.blogsaya.com

1 komentar:

  1. Karna Di ERTIGAPOKER Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 100.000
    Bonus Deposit 5% (klaim 1 kali / hari)
    Bonus Referral 15% (berlaku untuk selamanya
    Bonus Deposit Go-Pay 10% tanpa batas
    Bonus Deposit Pulsa 10.000 minimal deposit 200.000
    Rollingan Mingguan 0.5% (setiap hari Kamis

    ERTIGA POKER
    ERTIGA
    POKER ONLINE INDONESIA
    POKER ONLINE TERPERCAYA
    BANDAR POKER
    BANDAR POKER ONLINE
    BANDAR POKER TERBESAR
    SITUS POKER ONLINE
    POKER ONLINE


    ceritahiburandewasa

    MULUSNYA BODY ATASANKU TANTE SISKA
    KENIKMATAN BERCINTA DENGAN ISTRI TETANGGA
    CERITA SEX TERBARU JANDA MASIH HOT

    BalasHapus